Bacaan Ayat Kursi Bahasa Indonesia Lengkap Khasiat Dan Maknanya

Bacaan Ayat Kursi Bahasa Indonesia Lengkap Khasiat Dan Maknanya - Muhammad Bin Al-Hanafiyah sudah meriwayatkan bahwasannya saat ayat itu di turunkan, semua berhala yang berada di bumi ini berjatuhan; beberapa malaikat bersujud mengiringinya; mahkota-mahkota beberapa pembesar sama-sama berjatuhan; beberapa penguasa menjatuhkan wajah-wajah mereka ke bumi; serta beberapa syaitan berlarian, bertabrakan, kepanasan, serta terasa ketakutan.

Lantas kenapa ayat itu diberi nama ayat Kursi?

Ada ketidaksamaan dari beberapa ulama dalam memaknai nama “KURSI”, namun sebetulnya perbedaan-perbedaan itu ialah sama-sama memperkuat saran satu dengan yang lain. Mengenai pendapat-pendapat itu ialah :

“KURSI” disimpulkan menjadi satu ruang yang besar sekali di mana kapasitasnya dapat melewati langit serta bumi
“KURSI” disimpulkan menjadi pemerintahan, kekuasaan, dan kerajaan yang dipunyai Allah SWT.
“KURSI” disimpulkan menjadi pengetahuan yang disebut salah satunya karakter Allah Ta’alaa, serta dengan pengetahuan itu karena itu Allah dapat mengatur semua ciptaan-Nya
“KURSI” juga disimpulkan menjadi lambang keagungan serta kebesaran Allah SWT.

Dari makna-makna itu dapat ditarik satu rangkuman bahwasannya arti dari kata “KURSI” pada ayat Kursi merupakan satu fondasi kebijakan atau hukum-hukum Allah SWT, dan menjadi satu lambang dari kekuasaan yang dimiliki-Nya. Serta dengan turunnya ayat itu, maka dapat memberi panduan atas sifat-sifat Ketuhanan Allah SWT dengan mutlak.

بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ

ٱللَّهُ لَآ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلۡحَىُّ ٱلۡقَيُّومُ‌ۚ

لَا تَأۡخُذُهُ ۥ سِنَةٌ۬ وَلَا نَوۡمٌ۬‌ۚ لَّهُ ۥ مَا فِى ٱلسَّمَـٰوَٲتِ وَمَا فِى ٱلۡأَرۡضِ‌ۗ

مَن ذَا ٱلَّذِى يَشۡفَعُ عِندَهُ ۥۤ إِلَّا بِإِذۡنِهِۦ‌ۚ يَعۡلَمُ مَا بَيۡنَ أَيۡدِيهِمۡ وَمَا خَلۡفَهُمۡ‌ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىۡءٍ۬ مِّنۡ عِلۡمِهِۦۤ إِلَّا بِمَا شَآءَ‌ۚ

وَسِعَ كُرۡسِيُّهُ ٱلسَّمَـٰوَٲتِ وَٱلۡأَرۡضَ‌ۖ

وَلَا يَـُٔودُهُ ۥ حِفۡظُهُمَا‌ۚ وَهُوَ ٱلۡعَلِىُّ ٱلۡعَظِيمُ

Bismillahirrahmanirrahiim

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum. Laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa naum. Lahuu maa fis samaawaati wa maa fil ardh. Man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi idznih. Ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum. Wa laa yuhiithuuna bi syai-im min ‘ilmihii illaa bi maa syaa-a. Wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardha wa laa ya-uuduhuu hifzhuhumaa Wahuwal ‘aliyyul ‘azhiim.

Tersebut keutamaan ayat kursi, salah satunya :

1. Ayat kursi adalah ayat yang sangat agung dalam Al-Qur’an,

Hal seperti ini sama dengan sabda Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam tersebut :

عن أُبي هو ابن كعب أن النبي – صلى الله عليه وسلم – سأله أي آية في كتاب الله أعظم قال: الله ورسوله أعلم فرددها مرارا ثم قال: آية الكرسي قال” ليهنك العلم أبا المنذر والذي نفسي بيده إن لها لسانا وشفتين تقدس الملك عند ساق العرش (وقد رواه مسلم .. وليس عنده زيادة والذي نفسي بيده إلخ

Berarti:

“Dari Ubay yakni bin Ka’ab, sebenarnya Nabi sallallahu’alaihi wa sallam menanyakan padanya mengenai ayat apa yang sangat agung dalam Kitabullah, beliau menjawab, “Allah serta Rasul-Nya yang lebih tahu.” Beliau lagi pertanyaannya seringkali. Lalu dia menjawab, “Ayat kursi.” Karena itu beliau menyampaikan, “Selamat buat anda wahai Abu Mundzir dengan pengetahuan anda. Untuk yang jiwaku yang berada di tangan-Nya. Sebenarnya (ayat Kursi) memiliki mulut serta dua bibir yang disucikan beberapa Malaikat di kaki Arsy.” (HR. Muslim)

Dari Abu Dzar Radhiallahu Anhu, bahwasannya ia sempat menanyakan pada Rosulullah “Wahai Rasulullah, (ayat) apa yang sangat agung yang di turunkan pada anda?” Beliau menjawab, “Ayat kursi ‘Allahu lailaha illa huwal hayyul Qayyum.” (HR. An-Nasai)

Serta keagungan yang dipunyai ayat Kursi ialah melewati langit serta bumi.Amalan Rasulullah Sebelum Tidur yaitu dengan membaca ayat kursi.

Satu saat Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam sempat berkata pada Abu Dzar

“perbandingan langit yang tujuh serta bumi yang tujuh dengan ayat kursi itu seperti lingkaran yang ditempatkan dipadang luas. Bumi serta langit seperti lingkaran kecil serta ayat kursi ialah padang luas membentang yang tidak berbuntut. Perbandingan langit yang tujuh dikombinasi dengan bumi yang tujuh serta kursi disatu bagian dengan Arsyullah di lain sisi seperti lingkaran dit engah padang luas. Keutamaan Arsyullah dengan Kursi seperti keutamaan padang luas dengan lingkaran kecil.”

2. Ayat Kursi adalah ayat yang sangat diberkahi

Seperti sabda Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam:

“Ayat kursi adalah ayat yang diberkahi, tidak ada yang membukakan kesusahan, singkirkan bencana serta menghilangkan rasa sedih bertambah cepat dibanding ayat kursi.“ (HR. Imam Abu hamid Bin Muhammad Al-Gozhali)

3. Ayat kursi adalah penghulu Al-Qur’an

Seperti sabda Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam:

“Segala suatu tentu ada yang lebih unggul serta tambah tinggi. Sebenarnya yang lebih unggul serta tambah tinggi dari Al-Quran ialah Surat Al-Baqarah. Serta didalam Surat Al-Baqarah ada ayat yakni Penghulu Ayat-Ayat Al-Quran, dialah Ayat Kursi.”

4. Ayat kursi adalah ayat yang paling penting serta mulia

Di mana ayat itu mempunyai isi serta kandungan yang begitu mempesona yang ditunjukan dengan diturunkannya ayat kursi dengan pengawalan beribu-ribu malaikat. Serta saat seorang membaca ayat itu, karena itu beberapa malaikat akan tiba dengarkan serta memberi hormat padanya.

Dari Rabiah bin Harits berkata Rasulullah saw di tanya:

” Wahai Rasul surat Al-Quran manakah yang paling penting ? Rasulullah saw menjawab ” Surat yang di dalamnya dimaksud Al-Baqarah. Beliau di tanya lagi” Ayat manakah dari Surat Al-Baqarah yang paling penting ? Rasulullah saw menjawab ” Ayat Kursi serta akhir surat Al-Baqarah yang turun langsung dari bawah Arsy”

5. Ayat kursi adalah ayat pembuka buat semua kesusahan

Di mana saat Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam belum pernah berhenti berdzikir dengan ayat kursi, karena itu banyak kemenangan yang sudah diraih dalam peperangan dan sudah sangat banyak pintu-pintu keringanan sudah dibukakan oleh Allah SWT buat Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam.

Rasulullah sempat bersabda

“barangsiapa yang belajar Ayat Kursi serta tahu hak-haknya Allah akan buka 8 pintu syurga untuk dia, masuk pintu yang manakah saja dipersilahkan “

6. Dalam tauhid Uluhiyah, Ubudiyah serta Rububiyah, ayat kursi adalah ayat untuk menyucikan Allah, serta buat mereka yang mengamalkannya, karena itu Allah akan mensucikan mereka.

Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam sempat bersabda:

“Demi Zat yang jiwaku ada pada genggaman-Nya sebenarnya Ayat Kursi ini memiliki 1 lidah serta 2 bibir. Beberapa malaikat yang mengawasi Arsy selalu menyucikannya “. ( H.R. At-Tirmidzi )

7. Mereka yang suka membaca ayat kursi sama berarti dengan memperdalam pengetahuan tauhid.

Kenapa? Karena didalam ayat itu ada kalimat tauhid “Laa Ilaaha Illaa Huwa.” Beberapa orang yang mempunyai tauhid yang baik, karena itu baginya ialah agunan masuk surga.

Sabda Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam

“Sesungguhnya Allah berfirman ” Kaliamat laa ilaaha illallah ialah perlindungan-Ku, barangsiapa yang masuk dalam perlindungan-Ku dia akan selamat dari siksa-Ku”

8. Menjadi pertolongan buat umat muslim

Dengan mengamalkan atau membaca ayat kursi setelah Shalat Harus atau sholat sunnah, karena itu Allah SWT akan tiba untuk memberi pertolongan saat seorang tengah dalam kesusahan, yakni dengan menghilangkan kesulitan-kesulitan itu dengan membaca Doa Mustajab untuk Melawan Ujian serta kesusahan. Diluar itu, Allah SWT akan membuat perlindungan dan membebaskan mereka yang mengamalkan ayat itu dari semuanya yang tidak mereka kehendaki seperti Langkah Hindari Pelet serta Langkah Mencegah Pengetahuan Hitam.

9. Menjadi perlindungan buat hamba-hambaNya

Allah menjanjikan perlindungan dan pengamanan buat mereka yang membaca ayat kursi, hingga mereka bisa terlepas dari semua bentuk kejahatan, terpenting masalah yang datang dari jin serta syaitan seperti proses Ruqyah dengan membaca ayat kursi.

Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda:

“Apabila engkau mendatangi tempat tidur (pada malam hari), bacalah Ayat Kursi, pasti Allah akan selalu menjagamu serta setan akan tidak mendekatimu sampai waktu pagi” (HR. Al-Bukhari)

10. Ayat kursi memberi banyak manfaat

Seperti dalam soal penyembuhan, serta bahwasannya Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam sempat bersabda :

“Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi saat lakukan penyembuhan bekam, karena itu faedahnya benar-benar besar sekali, 2 kali dibanding bekam biasa tiada dibacakan Ayat Kursi.”

11. Meniadakan keburukan

Dengan mengamalkan ayat kursi, karena itu semua jenis keburukan akan terhapus, serta beberapa malaikat akan diutus Allah SWT untuk mencatat semua bentuk kebaikannya dan meniadakan semua buruknnya sampai esok harinya

12. Mereka yang membaca ayat kursi akan membentengi dianya sendiri

Seperti sabda Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bahwasannya Allah SWT sudah berfirman

“‘ Laa ilaaha illallah ialah benteng-Ku. Barangsiapa yang membacanya, dia masuk dalam benteng-Ku. Serta barangsiapa yang masuk dalam benteng-Ku karena itu dia akan aman dari siksa-Ku”

13. Penuh dengan karomah

Allah SWT akan melimpahkan karomah buat mereka yang membaca ayat kursi, yang dengan karomah itu maka terangkat derajatnya serta beberapa orang yang akan mengaguminya.

14. Berpikir dengan logis (dalam soal agama)

Buat mereka yang membaca ayat kursi, Allah SWT sudah menjanjikan jika mereka akan lihat semua hal di mana banyak orang tidak bisa memandangnya. Dalam kata lainnya, mereka yang mengamalkan ayat kursi akan mengerti beberapa gejala alam yang orang yang lain tidak kenali.

Menjadi dengan demikian Ayat kursi dapat jadi pegangan Basic Hukum Islam didalam ma’rifatullah hingga buat mereka yang banyak membacanya akan mengerti kejadian-kejadian diluar nalar manusia.

15. Ada beberapa nama Allah

Didalam ayat kursi terdapat beberapa nama Allah SWT yang tidak termuat dalam ayat Al-Qur’an yang lain serta adalah representasi atas semua nama-Nya yang lainnya.

16. Mempermudah sakaratul maut

Dengan mengamalkan ayat kursi, karena itu Allah akan mendatangkan suatu yang diharapkan yang awal mulanya tidak ada jadi ada. Serta Allah akan mempermudah sakaratul maut buat mereka yang membacanya.

17. Ada izmul Azham

Didalam ayat kursi terdapat izmul Azham yang jika diamalkan, karena itu Allah SWT akan mengabulkan do’anya dan memberi apakah yang ia meminta. Dengan demikian, karena itu Ayat kursi adalah senjata yang ampuh dalam penuhi keperluan ataupun hajat yang lain.

18. Kesejahteraan dalam hidup

Mereka yang mengamalkan ayat kursi yakni dengan membacanya, karena itu Allah SWT akan memberi kesejahteraan hidup baginya, terpenting kesejahteraan pada hari akhir nantinya.

19. Ayat kursi adalah ayat 1000 berkah

Di mana dengan membacanya maka dapat menghadirkan 1000 karunia, 1000 karunia, dan 1000 kebaikan. Seperti sabda Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam “Jangan kamu tinggalkan membaca Ayat Kursi karena dalam tiap-tiap hurufnya ada 1000 karunia serta 1000 karunia.”

20. Manusia yang diprioritaskan (dimuliakan)

Dalam kitab Al- Faidh Al- Qudsi mengatakan jika “Barangsiapa yang melanggengkan Ayat Kursi karena itu dia bisa menjadi manusia yang dipilih, diprioritaskan serta dimuliakan oleh penduduk, juga disamping Allah swt, dalam dunia serta akhirat.

21. Membuat lahir serta batin tenang

Dengan beberapa mengamalkan ayat kursi, maka membuat bathin serta Jiwa Tenang dan rumah jadi lebih aman. Hingga semua bentuk kejahatan baik yang datangnya dari manusia ataupun dari kelompok jin serta syaian akan pergi menjauh karena takut.

22. Allah akan memberi kelebihan-kelebihan yang buat siapapun yang membaca ayat kursi

Seperti sabda Rosulullah sholallahu Alaihi Wassalam:

“Allah memberika wahyu pada Nabi Musa as ” Bacalah Ayat Kursi tiap-tiap tuntas sholat fardhu. Benar-benar barangsiapa yang membacanya Allah akan membuat hatinya jadi hati orang yang bersukur, lisannya jadi lisan orang yang tetap berzikir, pahalanya seperti pahala yang dikasihkan pada beberapa Nabi, serta amalnya seperti amal Shiddiqi.”

Keutamaan yang lain dari ayat kursi ialah :

Mempermudah kita untuk masuk surga
keagungan dari ayat kursi ialah melebih dari bumi serta langit
Amalan wirid sebelum tidur supaya terlepas dari bujukan syetan waktu tidur
Mempunyai banyak amalan yang dapat mengawasi anda dari semua bujukan syetan