Niat Puasa Asyura Dan Tasu'a 9 10 Bulan Muharram 2018 Dan Keutamaan Manfaatnya

Niat Puasa Asyura Dan Tasu'a 9 10 Bulan Muharram 2018 Dan Keutamaan Manfaatnya - Kemauan Puasa Tasu’a serta Asyura mauapun pelaksnannya tidak jauh beda dengan puasa sunnah yang lain sepetti senang senin kamis, arafah serta tarwiyah. Akan tetapi cukuplah di ketahui bila puasa di bulan Muharram juga didalamnya juga tersimpan beberapa keutamaan serta kelebihan salah satunya meniadakan dosa satu tahun waktu lalu serta puasa sunnah Asyura bulan Muharram paling utama dibadingkan puasa sunnah yang lain. Bulan muharram sendiri telah jadi salah sebulan agung serta mulia yang di dalamnya mempunyai sangat banyak kelebihan, keutamaan dan kelebihan. Diluar itu juga ada momen terpenting sepajang histori agama islam yang mana ada hubungan secara langsung dengan perjuangan beberapa nabi diantaranya saat di terimanya kembali taubat nabi Adam as, diangkatnya nabi Idris ke langit, diselematkannya nabi Nuh serta ada banyak lagi.

Karena itu pada bulan Muharamm ini dapat disarankan menjalanjkan puasa sunnah Tasu’a serta puasa Asyura pada tanggal 9 serta 10 Muharram. Sedang tentang histori diperintahnya ke-2 puasa sunnah ini yaitu saat baginda Nabi Muhammad SAW datang di Madinah serta waktu itu golongan Yahudi tengah melakukan puasa. Ketika itu Rasulullah menanyakan ‘Puasa apakah yang kalian kerjakan’. Mereka juga menjaawab bila hari itu adalah hari baik di mana nabi Israil sudah diselamatkan Allah dari kejaran musuh serta nabi Musa as juga lakukan puasa menjadi perasaan sukur hingga golongan Yahudi mengikutinya.

Selain itu janganlah cemas buat Anda yang belumlah tahu kemauan Puasa Tasu’a serta Asyura. Berikut kemauan puasa Asyura serta Tasu’a komplet dengan berarti :

Kemauan puasa Tasu’a tanggal 9 Muharrram :

‘Nawaitu sauma tasu’a sunnatal lillahita’ala’
berarti : Saya kemauan puasa tasu’a, sunnah karena Allah ta’ala

Kemauan Puasa Asyura tanggal 10 Muharram :

‘Nawaitu sauma asyuro sunnatalillahita’ala’
asrtinya : Saya kemauan puasa hari asyura, sunnah karena Allah ta’ala.

Dalam agama islam ada banyak bulan yang begitu spesial serta didalam bulan-bulan itu ada yang diberi nama bulan Muharram atau bulan asyura. Dalam setahun ada 12 bulan serta diantara 12 bulan itu ada 4 bulan yang dipandang mulia dalam agama islam. Bulan-bulan itu merupakan dzulhijjah, dzulqa’jah, dan Muharram. Ada pula bulan yang diberi nama rajab yang ada diantara bulan jumada dan sya’ban. Pahala yang dapat diperoleh dari bulan-bulan itu sangat tinggi. Pada puasa sunah bulan asyura, kita bukan sekedar memperoleh pahala yang tinggi tetapi faedah puasa asyura untuk kesehatan sangat baik.

Bulan Muharram atau dikatakan sebagai bulan asyura termasuk juga dalam 4 bulan barusan yang begitu dimuliakan oleh Allah. Oleh karena itu ada banyak amalan yang harus dikerjakan oleh kita beberapa umat islam supaya bisa memperoleh pahala pada bulan itu. Salah satunya langkah yang dapat kita kerjakan merupakan melakukan puasa sunnah asyura, puasa ini jatuh pada tanggal 10 Muharram, sama dengan salah satunya hadis rasulullah tentang puasa yang terbaik merupakan puasa yang dikerjakan pada bulan Muharram sesudah puasa ramadan.

Asyura adalah hari ke-10 pada bulan suci Muharram. Hari ini diketahui merupakan hari yang mulia, dengan sangat banyak histori yang dalam serta sulit untuk dilupakan oleh kita kaum muslim. Ibnu Abbas berkata : “ Nabi waktu ada di Madinah serta beliau merasakan beberapa orang yahudi yang tengah berpuasa asyura. Nabi menanyakan pada mereka : “ puasa apakah ini? ”, lalu mereka menjawab : “ hari ini merupakan hari yang begitu baik, hari di mana Allah selamatkan Bani Israil dari kerajaan musuh, karena itu Musa berpuasa menjadi perasaan sukur pada Allah yang sudah selamatkan kami. Kami juga turut berpuasa. Nabi berkata : “ Kami lebih memiliki hak pada Musa dibanding kalian”. Pada akhirnya nabi berpuasa serta memerintah semua umatnya untuk turut berpuasa. Saat nabi berpuasa asyura, beliau alami empat babak, yakni :

Waktu Pelaksanaan Puasa Asyura :

Puasa asyura adalah salah satunya amalan beribadah yang dikasihkan contoh oleh Rasulullah saat ada pada bulan Muharram. Beberapa ulama Fikih tempat Mazhab mempunyai ketidaksamaan saran mengenai waktu serta langkah pelaksanaan puasa asyura.
Mazhab Hanafi

Alauddin al-Kazani yang meninggal dunia pada 587 H, seseorang pakar fiqih madzhab ini ini berkata beberapa mereka memakruhkan pelaksanaan puasa asyura saja cuma dikerjakan pada tanggal 10 Muharram, karena hal tersebut sama juga dengan golongan Yahudi. Tetapi sebagian besar dari ulama mazhab Hanafi, tidak mengerjakannya. Karena hari asyura termasuk juga dalam hari-hari yang mempunyai keutamaan. Oleh karena itu disarankan supaya mencari fadilahnya saja lewat cara melakukan puasanya.
Mazhab Maliki

Ibnu Abi Zaid- al-Qiruwani (922-996 H) yang disebut salah satunya pakar fiqih mazhab Maliki berkata puasa hari asyura adalah puasa yang dikerjakan pada tanggal 10 Muharram. Saat Rasulullah di tanya mengenai tentang itu, beliau bersabda, “ keutamaannya dapat meniadakan dosa yang berlangsung 1 tahun yang lalu”. Begitupun yang disarankan pada puasa hari awal mulanya, ya itu hari Tasu’a, pas tanggal 9 Muharram.
Mazhab Syafi”i

Imam Zakaria al-Anshari (823-926 H) sempat berkata, sebetulnya Imam Syafi’i telah mengambil keputusan dalam kitab al-Imla dan al-Umm jika disarankan untuk kita berpuasa sekitar 3 hari yakni tanggal 9, 10, dan tanggal 11 Muharram. Hal seperti ini membuat Syaikh Abu Hamid dan yang lain menukil. Buktinya ada di kisah dari Imam Ahmad dengan pengucapan, “Puasa di hari asyura, buat selisih beberapa orang Yahudi serta berpuasalah kalian sebelum dan setelah hari setelahnya”.
Mazhab Hambali

Ibnu Taimiyah yang meninggal dunia pada 728 H berkata, di tengahnya teman dekat dan ulama, ada yang tidak puasa asyura serta tidak menyarankan lakukan puasa di hari itu, bahkan juga memakruhkan puasa cuma di hari itu, seperti yang ada pada kisah masyarakat Kufah.

Di tengahnya ulama, ada pula yang menyarankan untuk berpuasa di hari paskah surat, serta yang benar adalah puasa yang disarankan untuk kita berpuasa asyura supaya juga melakukan puasa pada tanggal 9 Muharram, karena hal seperti ini merupakan perintah secara langsung serta paling akhir sebelum Rasulullah meninggal dunia.

Ibnu Qayyim al-Jauziah yang meninggal dunia pada 751 H, ikut juga memberikan, jika, posisi dalam melakukan puasa asyura terdiri tiga. Yang sangat prima merupakan turut melakukan puasa setelah dan sebelum puasa asyura. Melakukan puasa pada tanggal ke-9 dan tanggal ke-10 bulan Muharram sangat banyak hadisnya. Lalu setelah itu, yang sangat banyak merupakan melakukan puasa cuma pas tanggal 10 Muharram (Puasa Asyura).

Akan tetapi ada juga orang yang cuma ingin berpuasa pada tanggal 9 saja, karena itu orang itu dikelompokkan orang yang kurang tahu mengenai atsar, mereka tidak ikuti hadis, serta langkah pengerjaannya. Hal seperti ini begitu jauh dari saran dengan bhs serta syar’i. Allah Maha memberikan taufik pada siapa yang benar. Wallahu a’lam.
Tata Langkah Puasa Asyura :

Seperti yang sudah banyak diterangkan diatas, puasa asyura mempunyai 3 tingkatan yang bisa ditangani. Pertama, berpuasa sebelum dan selanjutnya yakni mulai tanggal 9, 10, dan 11 Muharram serta ini seringkali dipandang jadi puasa asyura yang sangat prima.

Ke-2, puasa asyura yang dikerjakan pada tanggal 9 dan 10. Puasa ini banyak diperlihatkan dalam hadits-hadits. Yang paling akhir, puasa yang cuma dikerjakan pada tanggal 10 Muharram saja. Untuk langkah yang pertama yakni berpuasa pada tanggal 9 sampai 11 Muharram, beberapa ulama membetulkan saran itu dengan 4 argumen.

Pertama, menjadi aksi kehati-hatian karena pada bulan Dzulhijjah dapat cepat 29 atau lebih jadi 30 hari. Jika tidak paham dalam peletakan awal bulan yang baik, karena itu puasa yang dikerjakan pada tanggal 11 akan dapat di pastikan jika orang merasakan puasa Tasu’a pada tanggal 9 dan Asyura pada tanggal 10.

Ke-2, seorang dapat mendapatkan pahala tiga hari beruntun dalam satu bulan, hingga untuk dia seperti pahala puasa satu bulan penuh yang dikerjakan. Ke-3, mereka akan lakukan puasa 3 hari di bulan Muharram yang sempat terkena disebutkan, puasa sangat afdol dikerjakan sesudah puasa Ramadan, adalah puasa dalam bulan Muharram. Ke empat, menyangkut arah membuat selisih dengan orang Yahudi hingga memasukkan hari-hari yang lainnya yakni setelah dan awal mulanya, Allahu A’lam.

Ada hadis yang tersebar jika larangan untuk berpuasa di hari jumat dan hari sabtu terkecuali untuk puasa yang diharuskan. Bagaimana dengan puasa ini yang jatuh di hari jumat atau sabtu?

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah sempat berkata, “Bagi orang yang menyengaja berpuasa hari jumat atau sabtu seperti orang yang berpuasa satu hari sebelum atau selanjutnya atau rutinitas adalah puasa satu hari dan berbuka satu hari, karena itu diijinkan baginya puasa jumat walau sebelum atau setelah nya tidak berpuasa, atau dia ingin berpuasa Arafah dan asyura yang pas jatuh di hari jumat. Karena itu hal tersebut tidak dilarang, karena semua larangan cuma laku untuk beberapa orang yang menyengaja memang untuk mengutamakan. Dalam hal seperti ini, hari itu merupakan hari jumat serta sabtu yang dikerjakan tanpa sebab”.

Keutamaan Puasa Asyura :

Ada beberapa sekali keutamaan buat mereka yang ingin menggerakkan puasa sunnah asyura itu. Hal itu sudah dijanjikan oleh Allah seperti yang diterangkan di bawah ini :

Siapa saja yang berpuasa asyura yang jatuh pada tanggal 10 Muharram akan dikasihkan pahala baginya 10. 000 malaikat dan barangsiapa yang berpuasa asyura di tanggal 10. 000 orang akan dikasihkan padanya pahala berlimpah 10. 000 orang naik haji serta pahala baginya 10. 000 orang umroh dan pahala baginya 10. 000 orang yang mati syahid.
Untuk siapa saja yang mengelus kepala anak yatim hari asyura pada tanggal 10 Muharram, makkah di tiap-tiap helai rambut dari anak yang dielus itu akan dinaikkan derajatnya satu tingkat.
Siapa saja yang memberi hidangan buka puasa pada beberapa orang yang berpuasa asyura karena itu hal tersebut sama pahalanya dengan memberi makan pada semua umat Rasulullah.
Keutamaan yang lainnya dijelaskan juga jika barangsiapa yang berpuasa asyura dengan kesungguhan hati karena itu dikasihkan padanya kesucian, dosanya akan terhapus pada tahun waktu lalu serta tidak termasuk juga untuk dosa besar.

Faedah Puasa Asyura Untuk Kesehatan :
1. Menolong dalam tingkatkan skema imun tubuh

Sel limfosit T adalah salah satunya sel yang ada pada badan yang menolong dalam tingkatkan kebal skema badan. Sore hari ini membuat badan jadi lebih kuat dalam melawan serangan virus atau bakteri yang dapat mengakibatkan penyakit pada tubuh. Sel ini dirangsang dari kedatangan sel limfa yang mempunyai potensi untuk tingkatkan jumlahnya produksi dari sel itu. Bukan sekedar itu, dengan tingkatkan imun badan, gerak badan dapat lebih terbangun karena pada intinya meningkatnya skema kebal badan juga menolong dalam mengatur daya yang dibutuhkan oleh badan.
2. Menolong dalam mencerdaskan otak

Whatsapp dapat menolong dalam mencerdaskan otak baik dari ilmu dan pengetahuan maupun sama dengan janji Allah mengenai memberinya kemakmuran. Dengan lakukan berpuasa juga menolong dalam tingkatkan kapasitas otak. Tahu mana yang jelek mana yang baik serta semua faedah itu dapat dirasa saat anda melakukan puasa asyura. Dengan lakukan puasa, Anda dapat juga lebih baik dalam mengatur emosi. Hal seperti ini juga otomatis menolong melatih otak Anda. Bukan sekedar itu, Anda dapat juga mengimbangi kecerdasan otak Anda dengan mengonsumsi buah-buahan bergizi yang sehat untuk kecerdasan otak.
3. Jauh dari perbuatan maksiat

Lihat apakah akibatnya karena lakukan maksiat, dalam hal seperti ini semua tingkah laku yang tidak mematuhi ketentuan oleh Allah, seperti tidak mengawasi pergaulan bebas. Ada sangat banyak penyakit yang dapat karena disebabkan hal itu serta dapat berbuntut dengan penyakit yang beresiko. Penyakit itu bahkan juga dapat mengakibatkan kematian. Puasa biasanya merupakan beribadah yang menolong mendekatkan diri pada sang pencipta hingga tingkah laku juga dapat lebih terbangun. Salah satunya perbuatan maksiat yang tidak baik merupakan sex bebas, terdapat beberapa permasalahan yang dapat berlangsung karena pergaulan itu seperti AIDS atau HIV.
4. Menangani serta menahan penyakit jantung

Salah satunya yang mengakibatkan penyakit jantung merupakan terjadinya penggumpalan darah atau gula darah terlalu berlebih hingga terjadinya permasalahan pada pembuluh darah yang ke arah jantung. Sumber itu dapat berlangsung karena konsumsi makanan yang tidak termonitor, ditambah lagi makanan yang memiliki kandungan cholesterol tinggi, gula, lemak, serta semua jenis bahan makanan yang beresiko untuk kesehatan jantung. Dengan berpuasa, semua sumber penyakit tadi diterangkan akan tidak masuk ke badan, sekurang-kurangnya tidak dalam jumlahnya yang besar.
5. Menolong dalam mengatur emosi

Emosi tetap terkait dengan skema saraf manusia karena emosi terlahir didalam sana, kita tengah bicara otak. Lakukan puasa bukan sekedar meredam nafsu makan atau minum saja, tetapi ikut juga mengatur emosi supaya tidak terpancing dengan beberapa hal yang dapat membuat diri anda geram, susah, serta yang lain. Ujung-ujungnya semua masuk ke otak anda serta jadi rutinitas hingga mengatur emosi dapat lebih gampang. Dengan emosi yang lebih termonitor, pemicu penyakit dapat diatasi seperti stres, depresi, serta yang lain.
Faedah puasa asyura untuk kesehatan yang lain :

6. Mengawasi kesehatan tubuh

7. Menolong mengawasi kesehatan mental

8. Menolong dalam mempertajam indra

9. Menolong dalam tingkatkan ketakwaan

10. Membuat kepribadian lebih bertaqwa

12. Membuat pribadi yang seringkali bersyukur

13. Selalu ikhlas dalam beramal

14. Menumbuhkan karakter tawadhu

15. Lebih sehat serta lebih yakin diri

16. Tingkatkan gairah untuk belajar

17. Situasi rumah tangga lebih harmonis

18. Tetap berfikir positif serta kreatif

19. Dikasihkan hati yang tidak gampang panas

20. Dikasihkan otak serta pikiran yang tidak gampang mencemooh orang

21. Dikasihkan kesabaran yang tinggi

22. Dibikin bersih jiwanya serta dikasihkan keberanian

23. Menolong dalam menguruskan badan

34. Terlepas dari penyakit obesitas

35. Rejeki jadi lebih dekat
Faedah puasa asyura untuk kecantikan :
1. Menolong dalam mengencangkan kulit

Lakukan puasa biasanya dapat beresiko baik untuk kesehatan kulit, diantaranya merupakan mengencangkan kulit anda. Waktu berpuasa, skema metabolisme badan semakin lebih terbangun, tidak terlalu berlebih akan tetapi tidak juga kekurangan. Dengan demikian, zat yang dibutuhkan oleh kulit juga jadi lebih termonitor. Tiap-tiap organ pada badan mempunyai cadangan dayanya sendiri yang didapatkan saat sahur serta akan di keluarkan saat melakukan aktivitas pada siang hari.
2. Menolong dalam melangsingkan tubuh

Puasa pada intinya merupakan pekerjaan untuk meredam makan serta tidak minum. Hal tersebut akan memberi dampak pada badan kita yakni menolong dalam melangsingkan. Oleh karena itu cara berpuasa seringkali jadikan menjadi salah satunya cara untuk menguruskan badan buat beberapa kaum hawa. Akan tetapi dihimbau tidak untuk berpuasa terlalu berlebih, atur sama dengan kepercayaan anda serta yakinkan kesehatan tidak terganggu. Anda dapat menyeimbangi puasa anda dengan sahur serta berbuka memakai makanan sayur, serta buah-buahan. atau berolahraga yang dikerjakan saat akan buka puasa.